Pembukaan Jalan Tani guna Akses Menuju Ladang Baru

Pemerintah Desa Long Lebusan bekerja sama dengan warga setempat berinisiatif membuka jalan tani guna akses menuju lokasi yang akan dijadikan lokasi perladangan tahun ini. Kegiatan buka jalan tani dilakukan pada 25-26 Juni 2024 dengan menyewa alat berat yang dioperasikan oleh operator yang merupakan salah satu warga dari desa pusat kecamatan, Mahak Baru. 

Lokasi perladangan tersebut melintasi sumber air bersih yang dialirkan ke setiap RT (rukun tetangga), sehingga berdampak terhadap pengaliran air pada hari pelaksanaan pembukaan jalan tani tersebut. Selang-selang yang mengalirkan air harus dilepaskan terlebih dahulu agar alat berat berupa Exavator dapat beroperasi dengan membuka jalan. Jarak dari desa menuju sumber air bersih sekitar 2-3 Km dengan pemandangan bendungan air juga batu cadas hitam nan mengkilat dan tajam. Airnya bersih dan jernih mengalir dengan pasti walau debit air tidak begitu deras. Cukup untuk memenuhi kebutuhan warga desa. 

Pembukaan jalan tani diperkirakan sejauh 5Km hingga ke Sungai Nyatoh. Selang beberapa hari pengoperasian, sayangnya terkendala dengan kerusakan excavator. Sehingga, akan dilanjutkan setelah sang operator memperbaiki alat berat tersebut. 

Bagikan post ini: